Motivasi

Pengertian Motivasi

Motivasi seringkali diartikan dengan istilah dorongan. Dorongan atau tenaga tersebut merupakan gerak jiwa dan jasmani untuk berbuat. Jadi motivasi tersebut merupakan suatu driving force (tenaga dorong) yang menggerakkan manusia untuk bertingkah- laku, dan di dalam perbuatanya itu mempunyai tujuan tertentu.(1)

Motivasi dapat diartikan sebagai suatu variable perantara yang digunakan untuk menerangkan faktor-faktor dalam diri suatu individu, yang dapat membangkitkan, mempertahankan dan menyalurkan, untuk bertingkah-laku ke satu arah tujuan tertentu (J.P. Chaplin)

Motivasi Diri

Memotivasi diri dapat menghilangkan faktor yang melemahkan dorongan kita. Rasa tidak tidak berdaya dihilangkan menjadi pribadi yang lebih percaya diri dngan memotivasi diri. Dalam hal perkuliahan seorang mahasiswa tentunya harus memotivasi dirinya dalam belajar. Hal-hal yang memotivasi saya untuk berkuliah ada beberapa seperti membuat teman, menimba ilmu demi masa depan kelak, juga untuk membuat orang tua bangga. Dengan melakukan hal-hal tersebut saya berharap kelak orang tua saya akan bangga dengan hasil (prestasi)  yang saya peroleh dalam hal perkuliahan dan ketika saya masuk ke dunia kerja kelak.

 

Referensi:

(1) http://duniapsikologi.dagdigdug.com/2008/11/19/pengertian-motivasi/

Leave a comment